Lembar
Kerja :
Merancang
Masalah Penelitian Tindakan Kelas
(
BAHASA INDONESIA )
No.
|
Unsur
|
Uraian
|
1.
|
Jenis Karya
Ilmiah Guru
|
(1)
Penelitian
(Eksperimen dan PTK)
(2)
Karangan Ilmiah
(3)
Ilmiah Populer;
(4)
Prasaran
Seminar
(5)
Buku;
(6)
Diktat;
(7)
Terjemahan
|
2.
|
Bidang PTK
|
(1) Pengelolaan kelas,
(2) Proses belajar-mengajar,
(3) Penggunaan sumber-sumber belajar,
(4) Penggunaan alat peraga
|
3.
|
Apakah PTK?
|
|
4.
|
Tujuan PTK
|
(1)
memperbaiki
mutu praktik pembelajaran di kelas.
(2)
memecahkan
permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas.
(3)
mencari jawaban
ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan dengan tindakan yang dilakukan.
(4)
Mengembangkan
mutu profesional
|
Refleksi dari proses pembelajaran dalam kelas
yang dialami langsung oleh para guru:
|
||
5.
|
Kondisi yang diharapkan
|
Contoh: Siswa aktif, kreatif, terampil bertanya,
aktif mengeksplorasi informasi, aktif mengelaborasi informasi, dan
menghasilkan karya kreatif, parisipatif, kolaboratif, dan kompetitif.
|
Cobalah gambarkan prilaku belajar
siswa yang sesungguhnya guru harapkan di dalam kelas:
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
|
||
6.
|
Kondisi nyata
|
Contoh : Siswa kurang aktif, siswa cenderung tidak
pernah bertanya, pertanyaan reflektif bukan kreatif. Siswa kurang inovatif.
Siswa kurang kompetitif.
|
Rumuskan deskripsikan kondisi yang
sesungguhnya guru alami dalam kelas:
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
|
||
Cobalah nyatakan perbedaan nyata antara
yang guru harapkan dengan kondisi nyata dalam kelas:
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
|
||
7.
|
Masalah
|
Contoh Permasalah yang diangkat dari pengalaman
mengajar :
1.
Bagaimana
membelajarkan siswa materi tertentu agar siswa mau dan mampu belajar?
2.
Bagaimana
meningkatkan partisipasi siswa dalam kelas?
3.
Bagaimana meningkatkan
keterampilan siswa bertanya kreatif?
4.
Bagaimana
meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar?
5.
Bagaimana
mengajak siswa agar mereka benar-benar aktif belajar (aktif secara mental
maupun fisik, aktif berpikir)?
6.
Bagaimana menghubungkan
materi pembelajaran dengan lingkungan kehidupan siswa sehari-hari agar mereka
dapat menggunakan pengetahuan dan pemahamannya mengenai materi itu dalam
kehidupan sehari-hari?
7.
Bagaimana memilih strategi pembelajaran yang
paling tepat untuk membelajarkan materi.....?
8.
Bagaimana
menggunakan alat peraga pembelajaran yang paling tepat untuk membelajarkan siswa pada materi...?
9.
Bagaimana
melaksanakan pembelajaran koperatif?
10. Bagaimana melaksanakan pebelajaran kompetitif?
|
8.
|
Perumusan masalah PTK
|
Rumusan masalah PTK biasanya berupa pertanyaan
tentang
“Masalah apa yang terjadi dalam kelas,
bagaimana mengatasinya, tindakan apa yang tepat untuk mengatasi itu, dan di sekolah mana
hal itu terjadi.”
Contoh:
·
Bagaimana meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa
Indonesia melalui model pembelajaran Group Investigasi di kelas XI Akuntansi SMK
Islam Tikung Tahun Pelajaran 2011/2012.
·
Bagaimana
penggunaan strategi pembelajaran aktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran
materi Jenis Paragraf bagi siswa kelas X Multi Media SMK Islam Tikung Tahun
Pelajaran 2010/2011
|
Cobalah Guru-guru merumuskan masalah yang diangkat dari
pengalaman mengajarnya dalam kelas seperti contoh di atas
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
|
||
9.
|
Merumuskan tujuan PTK
|
Dari penggunaan strategi pembeljaran aktif dalam
mata pelajaran Bahasa Indonesia pada contoh di atas guru merumuskan tujuan
sebagai berikut:
·
Penelitian
bertujuan untuk meningkatkan penguasaan materi materi
Jenis Paragraf bagi siswa kelas X Multi Media SMK Islam Tikung Tahun
Pelajaran 2010/2011 program akselerasi.
·
Mencari
pengajaran yang efektif untuk mengajarkan materi materi
Jenis Paragraf bagi siswa kelas X Multi Media SMK Islam Tikung Tahun
Pelajaran 2010/2011program akselerasi
·
Meningkatkan
penguasaan materi materi Jenis Paragraf bagi
siswa kelas X Multi Media SMK Islam Tikung Tahun Pelajaran 2010/2011
dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif.
|
10.
|
Berdasarkan perumusan masalah yang telah guru susun,
cobalah rumuskan tujuan penelitian seperti contoh di atas
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
|
|
11.
|
Diagram alur pikir
|
Contoh:
|
12.
|
Diagram alur pikir
|
Berdasarkan contoh diagram alur pikir di atas,
guru-guru menyusun diagram alur pikir yang disesuaikan dengan masalah yang
telah disusunnya.
|
Drs. H. Erawan Aidid, M.Pd
NIP.
19620602 198504 1 008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar