Konfigurasi

SELAMAT DATANG DI ERAWAN AIDID BLOGSPOT HP 085645119900

Kamis, 22 Maret 2012

Lembar Kerja PTK


Lembar Kerja :
Merancang Masalah Penelitian Tindakan Kelas
( BAHASA INDONESIA )

No.
Unsur
Uraian
1.     
Jenis Karya Ilmiah Guru
(1)   Penelitian (Eksperimen dan PTK)
(2)   Karangan Ilmiah
(3)   Ilmiah Populer;
(4)   Prasaran Seminar
(5)   Buku;
(6)   Diktat;
(7)   Terjemahan
2.     
Bidang PTK
(1)   Pengelolaan kelas,
(2)   Proses belajar-mengajar,
(3)   Penggunaan sumber-sumber belajar,
(4)   Penggunaan alat peraga
3.     
Apakah PTK?
  • Merupakan laporan kegiatan nyata guru dalam memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran dalam kelas serta dialami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar.
4.     
Tujuan PTK
(1)   memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas.
(2)   memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas.
(3)   mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan dengan tindakan yang dilakukan.
(4)   Mengembangkan mutu profesional
Refleksi dari proses pembelajaran dalam kelas yang dialami langsung oleh para guru:

5.     
Kondisi yang diharapkan
Contoh: Siswa aktif, kreatif, terampil bertanya, aktif mengeksplorasi informasi, aktif mengelaborasi informasi, dan menghasilkan karya kreatif, parisipatif, kolaboratif, dan kompetitif.
Cobalah gambarkan prilaku belajar siswa yang sesungguhnya guru harapkan di dalam kelas:
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................

6.     
Kondisi nyata
Contoh : Siswa kurang aktif, siswa cenderung tidak pernah bertanya, pertanyaan reflektif bukan kreatif. Siswa kurang inovatif. Siswa kurang kompetitif.

Rumuskan deskripsikan kondisi yang sesungguhnya guru alami dalam kelas:
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................

Cobalah nyatakan perbedaan nyata antara yang guru harapkan dengan kondisi nyata  dalam kelas:
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................

7.     
Masalah
Contoh Permasalah yang diangkat dari pengalaman mengajar :
1.     Bagaimana membelajarkan siswa materi tertentu agar siswa mau dan mampu belajar?
2.     Bagaimana meningkatkan partisipasi siswa dalam kelas?
3.     Bagaimana meningkatkan keterampilan siswa bertanya kreatif?
4.     Bagaimana meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar?
5.     Bagaimana mengajak siswa agar mereka benar-benar aktif belajar (aktif secara mental maupun fisik, aktif berpikir)?
6.     Bagaimana menghubungkan materi pembelajaran dengan lingkungan kehidupan siswa sehari-hari agar mereka dapat menggunakan pengetahuan dan pemahamannya mengenai materi itu dalam kehidupan sehari-hari?
7.      Bagaimana memilih strategi pembelajaran yang paling tepat untuk membelajarkan materi.....?
8.     Bagaimana menggunakan alat peraga pembelajaran yang paling tepat  untuk membelajarkan siswa pada materi...?
9.     Bagaimana melaksanakan pembelajaran koperatif?
10.  Bagaimana melaksanakan pebelajaran kompetitif?
8.     
Perumusan masalah PTK
Rumusan masalah PTK biasanya berupa pertanyaan tentang
 “Masalah apa yang terjadi dalam kelas, bagaimana mengatasinya, tindakan apa yang tepat  untuk mengatasi itu, dan di sekolah mana hal itu terjadi.”
Contoh:
·         Bagaimana penggunaan strategi pembelajaran aktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran materi Jenis Paragraf bagi siswa kelas X Multi Media SMK Islam Tikung Tahun Pelajaran 2010/2011

Cobalah Guru-guru merumuskan masalah yang diangkat dari pengalaman mengajarnya dalam kelas seperti contoh di atas
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
9.     
Merumuskan tujuan PTK
Dari penggunaan strategi pembeljaran aktif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada contoh di atas guru merumuskan tujuan sebagai berikut:
·         Penelitian bertujuan untuk meningkatkan penguasaan materi materi Jenis Paragraf bagi siswa kelas X Multi Media SMK Islam Tikung Tahun Pelajaran 2010/2011 program akselerasi.
·         Mencari pengajaran yang efektif untuk mengajarkan materi materi Jenis Paragraf bagi siswa kelas X Multi Media SMK Islam Tikung Tahun Pelajaran 2010/2011program akselerasi
·         Meningkatkan penguasaan materi materi Jenis Paragraf bagi siswa kelas X Multi Media SMK Islam Tikung Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif.
10.  
Berdasarkan perumusan masalah yang telah guru susun, cobalah rumuskan tujuan penelitian seperti contoh di atas
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................

11.  
Diagram alur pikir
Contoh:
12.  
Diagram alur pikir
Berdasarkan contoh diagram alur pikir di atas, guru-guru menyusun diagram alur pikir yang disesuaikan dengan masalah yang telah disusunnya.

Drs. H. Erawan Aidid, M.Pd 
NIP. 19620602 198504 1 008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar