PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI
& KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Prodi : Semua Jurusan
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ISLAM TIKUNG
A.
Latar Belakang
Mata pelajaran
Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib. Melalui penguasaan
kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia, peserta didik diarahkan, dibimbing,
dan dibantu agar mampu berkomunikasi bahasa Indonesia secara baik dan benar. Pada era
global penggunaan bahasa secara baik dan benar merupakan syarat mutlak di dunia
kerja.
Untuk menghadapi tantangan
masa depan, kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu syarat keberhasilan
bekerja. Karena itu pelajaran Bahasa Indonesia dirancang, dikembangkan serta
diarahkan untuk dapat mempersiapkan peserta didik mampu berkomunikasi di dunia
kerja secara efisien dan efektif.
Cakupan mata
pelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik meliputi pembentukan kompetensi
berkomunikasi secara lisan dan tertulis pada tingkat Semenjana, Madia, dan
Unggul.
B. Tujuan
Mata pelajaran
Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
1.
Meningkatkan kemampuan peserta didik untuk mencapai tingkat
kualifikasi unggul
2.
Menerapkan kompetensi berbahasa Indonesia secara baik
dan benar pada mata pelajaran lainnya
3.
Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efisien
dan efektif, baik lisan maupun tertulis
4.
Meningkatkan kemampuan memanfaatkan berbahasa
Indonesia untuk bekerja.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa
Indonesia meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi pada tingkat Semenjana
2.
Berkomunikasi pada tingkat Madia
3.
Berkomunikasi pada tingkat Unggul.
D. Tujuan Pendidikan
Nasional
Secara garis besar, Tujuan
Pendidikan Nasional, dibedakan atas tiga Ranah, yaitu :
1.
Cognitive ( Kemampuan Berpikir / Cipta )
Tahapan pada ranah Kognitif,
adalah :
a.
Pengetahuan / Knowledge ( C.1 )
@ Mengingat
@ Menghafal
@ Menyebutkan
b.
Pemahaman / Comprehension ( C.2 )
@ Menerangkan
@ Menjelaskan
c.
Penerapan / Application ( C.3 )
@ Menghitung
@ Membuktikan
@ Menerapkan
@ Membuat
d. Analisis /
Analysis ( C.4 )
@ Memilih
@ Membedakan
@ Membagi
e.
Sintesis / Synthesis ( C.5 )
@ Merangkaikan
@ Merancang
@ Mengatur
f.
Evaluasi / Evaluation ( C.6 )
@ Mengkritik
@ Menilai
@ Menafsirkan
2.
Affective ( Nilai dan Sikap / Rasa )
a.
Menerima / Receiving ( A.1 )
·
Memilih
·
Mempertanyakan
·
Mengikuti
b.
Menanggapi / Responding ( A.2 )
·
Menjawab
·
Membantu
·
Mengajukan
c.
Menilai / Valuing ( A.3 )
·
Mengasumsikan
·
Menyakini
·
Melengkapi
d. Mengelola /
Organization ( A.4 )
·
Menganut
·
Mengubah
·
Menata
e.
Menghayati / Characterization ( A.5 )
·
Melayani
·
Mempengaruhi
·
Menyimak
3.
Psychomotor ( Perbuatan / Ketrampilan / Karsa )
a.
Peniruan / Imitation ( P.1 )
·
Mengaktifkan
·
Menyesuaikan
·
Menggabungkan
b.
Manipulasi / Manipulation ( P.2 )
·
Mengoreksi
·
Merancang
·
Memilih
c.
Pengalaman / Precition ( P.3 )
·
Mengalihkan
·
Menggantikan
·
Memutar
d. Artikulasi /
Articulation ( P.4 )
·
Mempertajam
·
Membentuk
·
Memadamkan
E. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar ( SK / KD ) Kelas X ( Sepuluh )
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Ranah IPK
|
1.
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
Semenjana.
2.
Macam Ranah :
a.
Cognitive ( Cipta )
Pikiran
b.
Affective ( Rasa )
Nilai dan Sikap
c.
Psychomotor (Karsa) Perbuatan
/ Keterampilan
|
1. 1
Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan
jeda yang lazim/baku dan yang tidak
|
A.5
|
1. 2
Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks
bermasyarakat
|
C.2
|
|
1. 3
Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam
konteks bermasyarakat
|
C.1
|
|
1. 4
Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
|
C.2
|
|
1. 5
Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat
|
C.1
|
|
1. 6
Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
|
C.4
|
|
1. 7
Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
|
C.5
|
|
1. 8
Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan
wajar
|
C.1
|
|
1. 9
Menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata
|
C.2
|
|
1. 10
Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks
bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
|
C.6
|
|
1. 11
Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan
situasi komunikasi
|
C.3
|
|
1. 12
Membuat parafrasa dari teks tertulis
|
C.5
|
|
|
|
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Ranah IPK
|
2.
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
Madia
|
2. 1
Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak
bersifat perintah dalam konteks bekerja
2. 2
Menyimak untuk memahami perintah yang diungkapkan atau
yang tidak dalam konteks bekerja
2. 3
Memahami perintah kerja tertulis
2. 4
Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata,
ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja
2. 5
Menggunakan secara lisan kalimat tanya/pernyataan dalam
konteks bekerja
2. 6
Membuat parafrasa lisan dalam konteks bekerja
2. 7
Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi
2. 8
Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam
konteks bekerja
2. 9
Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja
2. 10
Bernegosiasi yang menghasilkan dalam konteks bekerja
2. 11
Menyampaikan laporan atau presentasi lisan dalam
konteks bekerja
2. 12
Menulis wacana yang bercorak naratif, deskriptif,
ekspositoris, dan argumentatif
2. 13
Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja
2. 14
Menyimpulkan isi teks tertulis dalam konteks bekerja
|
|
|
|
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Ranah IPK
|
3.
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat
Unggul
|
3. 1
Menyimak untuk memahami secara kreatif teks seni
berbahasa dan teks ilmiah sederhana
3. 2
Mengapresiasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks
ilmiah sederhana
3. 3
Menulis proposal untuk kegiatan ilmiah sederhana
3. 4
Menulis surat dengan memperhatikan jenis surat
3. 5
Menulis Laporan Ilmiah sederhana
3. 6
|
|
|
|
|
F. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tikung, Juli 2012
Guru
Matpel. Bhs. Indonesia,
Drs. H. Erawan Aidid, M.Pd.
NIP.
19620602 198504 1 008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar