Cara
Menentukan KKM
Oleh : H. Erawan Aidid, M.Pd
Guru DPK SMK Islam
Tikung
Pihak
yang terlibat menentukan KKM:
- Guru kelas/mata pelajaran
- Kepala sekolah
- Siswa
- Orangtua siswa
- Komite sekolah
Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) adalah dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik,
kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga
sekolah, sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan
pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara terus
menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.
Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM adalah sebagai berikut:
1.
Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas!
2. Tentukan
kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan
masing-masing aspek:
a. Aspek Kompleksitas:
Semakin komplek (sukar) KD
maka nilainya semakin rendah tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin
tinggi.
b. Aspek Sumber
Daya Pendukung (pendidik dan sarana)
Semakin tinggi sumber daya pendukung maka
nilainya semakin tinggi.
c. Aspek intake
Semakin tinggi kemampuan awal siswa
(intake) maka nilainya semakin tinggi.
3.
Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi 3 untuk menentukan
KKM setiap KD!
4. Jumlahkan
seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM mata
pelajaran!
5.
KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada
kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.
Tikung,
16 Juli
2012
Guru
Pengampu,
Drs. H. Erawan Aidid,
M.Pd.
NIP.
19620602 198504 1 008
RENCANA PENETAPAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Nama Sekolah : SMK Islam Tikung
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Besarnya KKM :
70
Kelas/Semester : X / I
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Standad Kompetensi
|
Kompetensi asar
|
Kom-
pleksi-
tas
|
Sumber daya
Pendukung
|
Intake
(Poten
si siswa)
|
Ketun-
tasan
KD
( % )
|
||
Pendi-
dik
|
Sarana
/ Pra
sarana
|
Rata-
rata
|
|||||
Memahami teks dan ce-
rita anak yang dibaca –
kan.
|
o Menulis hal-hal penting / pokok dari suatu teks yang dibacakan.
o Mengidentifikasi tokoh, watak, latar,
tema,
atau amanat dari cerita anak
yang dibacakan.
|
70
80
|
75
70
|
65
70
|
70
70
|
70
75
|
70
75
|
Memberikan informasi
dan tanggapan secara
lisan.
|
o Menyampaikan pesan/informasi yang
diperoleh dari berbagai media dengan
bahasa yang runtut, baik, dan benar.
o Menanggapi (mengkritik/memuji) se –
suatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang runtut
|
70
70
|
70
70
|
65
65
|
68
68
|
70
75
|
69
71
|
Memahami teks dengan
membaca inisiatif
dan
membaca sekilas.
|
o Mendeskriksikan isi dan teknik penya
jian suatu laporan hasil pengamatan /
kunjungan.
o
Menanggapi informasi dari kolom /
rubrik
khusus (majalah anak, koran,
dan
lain-lain).
|
70
70
|
65
65
|
65
65
|
65
65
|
70
65
|
68
67
|
Mengungkapkan pikir –
an, perasaan, dan infor-
masi secara tertulis da-
lam bentuk formulir,
ringkasan, dialog, dan parafrase.
|
o Mengisi
formulir (pendaftaran, kartu
anggota, wesel pos, daftar riwayat hidup, dan lain-lain) dengan benar.
o Membuat ringkasan dari teks yang dibaca
atau didengar.
|
80
70
|
75
70
|
65
70
|
70
70
|
70
70
|
73
70
|
Dan seterusnya . . .
(semua KD smt I)
|
|||||||
J u m l a h
|
562
|
562
KKM = = 70
8
Keterangan
*) Pendidik : Evaluasi terhadap kemampuan
diri sendiri
**) Sarana prasarana :
Alat Peraga, Media, Buku Teks, lingkungan
Rentang nilai antara 40 – 100, merupakan nilai yang dapat
ditentukan oleh sekolah
untuk menentukan berapa besar kekuatan untuk
masing-masing aspek/komponen.
Rentang Nilai:
80-100 : Tinggi
60-79 : Sedang
40-59 : Rendah Tikung, 16 Juli
2012
Guru
Pengampu,
Drs. H. Erawan Aidid,
M.Pd.
NIP.
19620602 198504 1 008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar