Konfigurasi

SELAMAT DATANG DI ERAWAN AIDID BLOGSPOT HP 085645119900

Jumat, 07 September 2012

Cara Menentukan KKM



Cara Menentukan KKM
Oleh : H. Erawan Aidid, M.Pd
Guru DPK SMK Islam Tikung


Pihak yang terlibat menentukan KKM:
  1. Guru kelas/mata pelajaran
  2. Kepala sekolah
  3. Siswa
  4. Orangtua siswa
  5. Komite sekolah
Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekolah, sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM adalah sebagai berikut:
1.   Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas!
2.   Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek:
a.   Aspek Kompleksitas:
Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.
b.   Aspek Sumber Daya Pendukung (pendidik dan sarana)
Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.
c.   Aspek intake
Semakin tinggi kemampuan awal  siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi.
3.   Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi 3 untuk menentukan KKM setiap KD!
4.   Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM mata pelajaran!
5.   KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.

                                                                                                Tikung, 16  Juli  2012
                                                                                                Guru Pengampu,





                                                                                                Drs. H. Erawan Aidid, M.Pd.
                                                                                                NIP. 19620602 198504 1 008


RENCANA PENETAPAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Nama Sekolah         : SMK Islam Tikung
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia 
Besarnya KKM         : 70
Kelas/Semester       : X / I
Tahun Pelajaran     : 2012/2013


Standad Kompetensi

Kompetensi asar

Kom-
pleksi-
tas
Sumber daya Pendukung
Intake
(Poten
si siswa)
Ketun-
tasan
KD
( % )
Pendi-
dik
Sarana
/ Pra
sarana
Rata-
rata
Memahami teks dan ce-
rita anak yang dibaca –
kan.
o   Menulis hal-hal penting / pokok dari          suatu teks yang dibacakan.

o    Mengidentifikasi tokoh, watak, latar,
      tema, atau amanat dari cerita anak
      yang dibacakan.

70


80

75


70

65


70

70


70

70


75

70


75

Memberikan informasi
dan tanggapan secara
lisan.
o    Menyampaikan pesan/informasi yang
     diperoleh dari berbagai media dengan
     bahasa yang runtut, baik, dan benar.

o    Menanggapi (mengkritik/memuji) se –
      suatu hal disertai alasan dengan    menggunakan bahasa yang runtut

70



70

70



70

65



65

68



68

70



75

69



71

Memahami teks dengan
membaca inisiatif  dan
membaca sekilas.
o   Mendeskriksikan isi dan teknik  penya  jian suatu laporan hasil pengamatan /
     kunjungan.
o   Menanggapi informasi dari kolom /
     rubrik khusus (majalah anak, koran,
     dan lain-lain).

70


70

65


65

65


65

65


65

70


65

68


67

Mengungkapkan pikir –
an, perasaan, dan infor-
masi secara tertulis da-
lam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase.
o   Mengisi formulir (pendaftaran, kartu
     anggota, wesel pos, daftar riwayat   hidup, dan lain-lain) dengan benar.

o  Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengar.  

80


70

75


70

65


70

70


70

70


70

73


70

Dan seterusnya  .  .  .
(semua KD smt I)









J u m l a h





562
                            562
            KKM =              = 70
                            8
Keterangan
*)   Pendidik                 : Evaluasi terhadap kemampuan diri sendiri
**) Sarana prasarana   : Alat Peraga, Media, Buku Teks, lingkungan

Rentang nilai antara 40 – 100, merupakan nilai yang dapat ditentukan oleh sekolah
untuk menentukan berapa besar kekuatan untuk masing-masing aspek/komponen.

Rentang Nilai:
80-100  : Tinggi
60-79     : Sedang
40-59     : Rendah                                                                    Tikung, 16  Juli  2012
                                                                                                Guru Pengampu,





                                                                                                Drs. H. Erawan Aidid, M.Pd.
                                                                                                NIP. 19620602 198504 1 008


Tidak ada komentar:

Posting Komentar