Konfigurasi

SELAMAT DATANG DI ERAWAN AIDID BLOGSPOT HP 085645119900

Jumat, 21 September 2012

Penulisan Makalah


Tata Cara Penulisan Makalah


Makalah bisa dikatakan sebagai cerminan kapasitas akademis seseorang. Kemampuan yang baik dalam menyajikan tata cara penulisan makalah sedikit banyaknya memberikan gambaran bagaimana kemampuan akademik yang dimiliki seseorang. Proses menuju sebuah penyajian makalah yang baik sangat komprehensif, oleh sebab itu cukup layak jika sebuah makalah dijadikan standar proses penguasaan akademis seseorang.
Sebelum mengetahui tata cara penulisan makalah yang baik, ada baiknya kita mengerti dengan kriteria sebuah makalah yang baik. Makalah yang baik meliputi beberapa aspek yakni;
1. Fokus pada topik judul yang disajikan
2. Cerminan dari keluasan bacaan seseorang baik melalui buku, artikel, jurnal dan sebagainya.
3. Penjelasan disajikan secar logis dan ilmiah.
4. Penulisan disajikan dengan gaya bahasa yang baik, benar, tepat serta jelas.
5. Mencantumkan secara lengkap sumber-sumber yang dipakai.
Tata cara penulisan makalah mengikuti kerangka baku dari sebuah makalah. Adapun kerangka dari sebuah makalah adalah sebagai berikut;
1. Pendahuluan
Sebuah pendahuluan yang baik meliputi; penjelasan awal dari topik yang akan dibahas, menjelaskan definisi istilah atau keyword, menjelaskan judul secara signifikan, mengidentifikasi masalah, memberi batasan masalah serta menerangkan tujuan dari makalah. Secara garis besar, sub judul dari bab pendahuluan meliputi latar belakang dan tujuan.
2. Tubuh makalah (pembahasan)
Bagian ini merupakan bagian isi dari sebuah makalah. Berisi pembahasan Anda yang meyakinkan sudut pandang argumen yang Anda pakai. Dari sini diharapkan pembaca dapat memperoleh banyak informasi penting. Bagian ini mencapai 70 hingga 90% dari tebal makalah. Untuk menguatkan argumen-argumen Anda, perlu diberikan literatur pendukung serta contoh-contoh yang akan memperkuat pembahasan Anda.
3. Kesimpulan
Sebuah kesimpulan yang baik adalah jawaban dari tujuan makalah yang Anda buat. Kesimpulan yang dibuat haruss relevan dengan tujuan yang dibuat di awal.


Menulis Karya Ilmiah
Kegiatan Belajar : Sistematika dan Cara Penyusunan Laporan Penelitian

Secara umum, sistematika suatu laporan penelitian yang lengkap terdiri dari 3 bagian pokok, yaitu :
(1) bagian pembuka, 
(2) bagian inti, dan 
(3) bagian penutup.
Bagian pembuka sebuah laporan penelitian lengkap harus mengandung komponen-komponen berikut ini.
1.              Judul.
2.              Halaman judul.
3.              Halaman pengesahan.
4.              Halaman penerimaan.
5.              Kata pengantar.
6.              Abstrak.
7.              Daftar isi.
8.              Daftar tabel.
9.              Daftar grafik, bagan atau skema.
10.          Daftar singkatan dan lambang.
Bagian pembuka umumnya digunakan apabila laporan penelitian merupakan tulisan yang berdiri sendiri secara utuh. Untuk laporan penelitian dalam jurnal atau bagian dari sebuah buku, tidak seluruh unsur dalam bagian pembuka tersebut digunakan.
Bagian inti merupakan menyajikan atau mengomunikasikan informasi ilmiah yang ingin disampaikan. Pada bagian inti inilah seluruh komponen pendahuluan, kajian pustaka dan kerangka teori, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, serta simpulan dan saran disajikan secara lengkap.
1.    Pendahuluan
Pendahuluan merupakan tulisan yang disusun untuk memberikan orientasi kepada pembaca mengenai isi laporan penelitian yang akan dipaparkan, sekaligus perspektif yang diperlukan oleh pembaca untuk dapat memahami informasi yang akan disampaikan
2.  Kajian Pustaka dan Kerangka Teori
Kajian pustaka mengungkapkan teori-teori serta hasil-hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan pada topik yang sama atau serupa. Berdasarkan analisis terhadap pustaka tersebut, peneliti dapat membatasi masalah dan ruang lingkup penelitian, serta menemukan variabel penelitian yang penting dan hubungan antarvariabel tersebut.
3.  Metodologi Penelitian
Pada bagian ini biasanya dijelaskan secara rinci mengenai desain penelitian, populasi dan sampel penelitian, metode pengumpulan dan analisis data, serta kelemahan penelitian.
4.  Hasil dan Pembahasan
Hasil dan pembahasan pada dasarnya merupakan inti dari sebuah tulisan ilmiah. Pada bagian ini penulis menyajikan secara cermat hasil analisis data serta pembahasannya berdasarkan kajian pustaka dan kerangka teori yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.
5.  Simpulan dan Saran
Simpulan adalah gambaran umum seluruh analisis dan relevansinya dengan hipotesis dari penelitian yang dilakukan. Simpulan diperoleh dari uraian analisis, interpretasi dan deskripsi yang telah dituliskan pada bagian analisis dan pembahasan. Untuk menulis simpulan, penulis perlu mengajukan pertanyaan pada diri sendiri tentang hasil apa yang paling penting dari penelitian yang dilakukan. Jawaban dari pertanyaan tersebutlah yang dituliskan pada bagian simpulan. Pada bagian akhir, biasanya simpulan disertai dengan saran mengenai penelitian lanjut yang dapat dilakukan
Bagian penutup pada umumnya terdiri dari (1) daftar pustaka, (2) lampiran, serta (3) daftar indeks dan atau glosarium. Daftar pustaka merupakan hal yang wajib dicantumkan, sedangkan lampiran dan daftar indeks hanya dituliskan apabila diperlukan. Daftar pustaka yang dimasukkan adalah hanya yang signifikan dan terkait dengan penelitian, baik dalam bentuk bahan cetakan, elektronik atau seminar. Daftar Pustaka yang disusun sesuai standar internasional yang paling banyak digunakan, yaitu standar dari Association of American Psychology (APA).
Lampiran dapat berupa tabel, gambar, peta, bagan, instrumen penelitian, seperti kuesioner atau daftar checklist untuk observasi, dan bentuk lain yang terkait dengan penjelasan yang telah dipaparkan dalam bagian inti laporan.
Indeks adalah daftar kata atau istilah yang terdapat pada laporan. Penulisan indeks harus berkelompok berdasarkan abjad awal kata atau istilah yang akan dituliskan. Penulisan Indeks ditujukan agar pembaca dapat dengan cepat mencari istilah atau kata-kata khusus yang terdapat dalam laporan tersebut. 


Drs. H. Erawan Aidid, M.Pd.
Guru DPK SMK Islam Tikung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar