PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI / GANJIL – GENAP
Satuan Pendidikan : SMK ISLAM TIKUNG
Tahun Pelajaran : 2012 / 2013
Semester
|
Nomor
|
Standar
Kompetensi / Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
||
I
|
SK
|
KD
|
Berkomunikasi dengan
bahasa Indonesia setara tingkat Madia
|
Kuri-kulum
|
Kalen-der
|
2
|
2.1
|
Menyimak untuk
menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja
|
6
|
6
|
|
2.2
|
Menyimak untuk memahami
perintah yang diung-kapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja
|
4
|
4
|
||
2.3
|
Memahami perintah kerja
tertulis
|
4
|
4
|
||
2.4
|
Membaca untuk memahami
makna kata, bentuk kata,ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja
|
6
|
4
|
||
2.5
|
Menggunakan secara
lisan kalimat tanya/ pertanyaan dalam konteks bekerja
|
6
|
4
|
||
2.6
|
Membuat parafrasa lisan
dalam konteks bekerja
|
6
|
4
|
||
2.7
|
Menerapkan pola gilir
dalam berkomunikasi
|
8
|
4
|
||
Jumlah Jam
|
40
|
30
|
|||
II
|
2
|
Berkomunikasi dengan
bahasa Indonesia setara tingkat Madia
|
|||
2.8
|
Bercakap-cakap secara
sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja
|
6
|
8
|
||
2.9
|
Berdiskusi yang
bermakna dalam konteks bekerja
|
6
|
6
|
||
2.10
|
Bernegosiasi yang
menghasilkan dalam konteks bekerja
|
4
|
6
|
||
2.11
|
Menyampaikan laporan
atau presentasi lisan dalam konteks bekerja
|
6
|
6
|
||
2.12
|
Menulis wacana yang
bercorak naratif, deskriptif, ekspositoris, dan argumentatif
|
8
|
8
|
||
2.13
|
Meringkas teks tertulis
dalam konteks bekerja
|
4
|
4
|
||
2.14
|
Menyimpulkan isi teks
tertulis dalam konteks bekerja
|
8
|
4
|
||
Jumlah
Jam
|
40
|
42
|
Tikung, 16
Juli 2012
Mengetahui : Guru
Pengampu,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD ANSORI Drs. H. ERAWAN AIDID, M.Pd.
NIP. -- NIP. 19620602 198504 1 008
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / GANJIL – GENAP
Satuan Pendidikan : SMK ISLAM TIKUNG
Tahun Pelajaran : 2012 / 2013
Semester
|
Nomor
|
Standar
Kompetensi / Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
||
I
|
SK
|
KD
|
Berkomunikasi dengan
bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana
|
Kuri-kulum
|
Kalen-der
|
1
|
1.1
|
Menyimak
untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan
yang tidak Lazim
|
8
|
6
|
|
1.2
|
Menyimak
untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakt
|
6
|
6
|
||
1.3
|
Membaca
cepat untuk memahami informasi
tertulis dalam konteks bermasyakat
|
6
|
4
|
||
1.4
|
Memahami
informasi
tertulis dalam berbagai bentuk teks
|
8
|
6
|
||
1.5
|
Menggunakan secara
lisan kalimat tanya/ pertanyaan dalam konteks bekerja
|
6
|
4
|
||
1.6
|
Melafalkan
kata
dengan artikulasi yang tepat
|
6
|
4
|
||
Jumlah Jam
|
40
|
30
|
|||
II
|
1
|
Berkomunikasi dengan
bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana
|
|||
1.7
|
Menggunakan
kalimat
yang baik, tepat, dan santun
|
6
|
8
|
||
1.8
|
Mengucapkan
kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar
|
6
|
6
|
||
1.9
|
Menulis
dengan
memanfaatkan kategori/kelas kat
|
6
|
6
|
||
1.10
|
Membuat
berbagai teks tertulis dalam konteksbermasyarakat dengan memilih kata, bentuk
kata, dan ungkapan yang tepat
|
8
|
8
|
||
1.11
|
Menggunakan
kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan sitausi komunikasi
|
6
|
6
|
||
1.12
|
Membuat
parafrasa dari teks tertulis
|
8
|
8
|
||
Jumlah
Jam
|
40
|
42
|
Tikung, 16
Juli 2012
Mengetahui : Guru
Pengampu,
Kepala Sekolah,
Drs. AHMAD ANSORI Drs. H. ERAWAN AIDID, M.Pd.
NIP. -- NIP.
19620602 198504 1 008
RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI ( SEBELAS ) / 1-2
Satuan Pendidikan : SMK ISLAM TIKUNG - LAMONGAN
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Smt
|
BULAN
|
Jumlah
Minggu
|
Jml
jam/ minggu
|
Jml
jam efektif
|
|||
Riil
|
Tdk
Efektif
|
Keterangan
|
Efektif
|
||||
I
|
Juli
2012
|
4
|
2
|
Libur Tapel 2012/2013 + LPP
|
2
|
3
|
6
|
Agustus
|
4
|
2
|
Libur Hari Raya
|
2
|
3
|
6
|
|
September
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
Oktober
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
November
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
Desember
|
4
|
2
|
UAS + Libur Semester I
|
2
|
3
|
6
|
|
Jumlah
|
24
|
6
|
18
|
||||
II
|
Januari
2013
|
5
|
1
|
Libur Semester I
|
4
|
3
|
12
|
Februari
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
Maret
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
April
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
Mei
|
5
|
0
|
PBM
|
5
|
3
|
15
|
|
Juni
|
4
|
2
|
UAS + Libur Semester II
|
2
|
3
|
6
|
|
Juli
|
Libur Semester II
|
0
|
0
|
0
|
|||
Jumlah
|
25
|
3
|
25
|
Tikung, 16 Juli
2012
Mengetahui
: Guru
Pengampu,
Kepala
Sekolah,
Drs. AHMAD ANSORI Drs. H. ERAWAN AIDID,
M.Pd.
NIP. -- NIP.
19620602 198504 1 008
RINCIAN MINGGU EFEKTIF DAN JUMLAH JAM EFEKTIF
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X ( SEPULUH ) / 1-2
Satuan Pendidikan : SMK ISLAM TIKUNG - LAMONGAN
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Smt
|
BULAN
|
Jumlah
Minggu
|
Jml
jam/ minggu
|
Jml
jam efektif
|
|||
Riil
|
Tdk
Efektif
|
Keterangan
|
Efektif
|
||||
I
|
Juli
2012
|
4
|
2
|
Libur Tapel 2012/2013 + LPP
|
2
|
3
|
6
|
Agustus
|
4
|
2
|
Libur Hari Raya
|
2
|
3
|
6
|
|
September
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
Oktober
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
November
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
Desember
|
4
|
2
|
UAS + Libur Semester I
|
2
|
3
|
6
|
|
Jumlah
|
24
|
6
|
18
|
||||
II
|
Januari
2013
|
5
|
1
|
Libur Semester I
|
4
|
3
|
12
|
Februari
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
Maret
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
April
|
4
|
0
|
PBM
|
4
|
3
|
12
|
|
Mei
|
5
|
0
|
PBM
|
5
|
3
|
15
|
|
Juni
|
4
|
2
|
UAS + Libur Semester II
|
2
|
3
|
6
|
|
Juli
|
Libur Semester II
|
0
|
0
|
0
|
|||
Jumlah
|
25
|
3
|
25
|
Tikung, 16
Juli 2012
Mengetahui
: Guru
Pengampu,
Kepala
Sekolah,
Drs. AHMAD ANSORI Drs. H. ERAWAN AIDID, M.Pd.
NIP. -- NIP.
19620602 198504 1 008
PENGHITUNGAN
ALOKASI WAKTU
KRLAS X ( SEPULUH ) SEMESTER
I ( GANJIL )
SMK ISLAM TIKUNG – LAMONGAN
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
A.
BANYAKNYA
PEKAN DALAM SATU BULAN
NO
|
NAMA
BULAN
|
BANYAKNYA
PEKAN
|
1
|
JULI 2012
|
4
PEKAN
|
2
|
AGUSTUS 2012
|
4
PEKAN
|
3
|
SEPTEMBER 2012
|
4
PEKAN
|
4
|
OKTOBER 2012
|
4
PEKAN
|
5
|
NOVEMBER 2012
|
4 PEKAN
|
6
|
DESEMBER 2012
|
4
PEKAN
|
7
|
JANUARI 2013
|
0
PEKAN
|
J
U M L A H
|
24 PEKAN
|
B.
BANYAKNYA
PEKAN TIDAK EFEKTIF
NO
|
NAMA
BULAN
|
BANYAKNYA
PEKAN
|
1
|
JULI 2012
|
2 PEKAN
|
2
|
AGUSTUS 2012
|
2 PEKAN
|
3
|
SEPTEMBER 2012
|
0 PEKAN
|
4
|
OKTOBER 2012
|
0 PEKAN
|
5
|
NOVEMBER 2012
|
0
PEKAN
|
6
|
DESEMBER 2012
|
2 PEKAN
|
7
|
JANUARI 2012
|
0
PEKAN
|
J
U M L A H
|
6 PEKAN
|
C.
BANYAKNYA
PEKAN EFEKTIF TATAP MUKA
24 PEKAN – 6 PEKAN = 18 PEKAN
D.
BANYAKNYA
JAM EFEKTIF TATAP MUKA
54 JTM
X 40 MENIT
= 2160 JTM
Keterangan = 1
JTM =
40 Menit
Mengetahui : Tikung, 16 Juli 2012
Kepala SMK Islam, Guru
Pengampu,
Drs. Ahmad Ansori
Drs. H. Erawan
Aidid, M.Pd
NIP. -- NIP.
19620602 198504 1 008
PENGHITUNGAN
ALOKASI WAKTU
KRLAS XI ( SEBELAS ) SEMESTER
I ( GANJIL )
SMK ISLAM TIKUNG – LAMONGAN
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013
A.
BANYAKNYA
PEKAN DALAM SATU BULAN
NO
|
NAMA
BULAN
|
BANYAKNYA
PEKAN
|
1
|
JULI 2012
|
4
PEKAN
|
2
|
AGUSTUS 2012
|
4
PEKAN
|
3
|
SEPTEMBER 2012
|
4
PEKAN
|
4
|
OKTOBER 2012
|
4
PEKAN
|
5
|
NOVEMBER 2012
|
4 PEKAN
|
6
|
DESEMBER 2012
|
4
PEKAN
|
7
|
JANUARI 2013
|
0
PEKAN
|
J
U M L A H
|
24 PEKAN
|
B.
BANYAKNYA
PEKAN TIDAK EFEKTIF
NO
|
NAMA
BULAN
|
BANYAKNYA
PEKAN
|
1
|
JULI 2012
|
2 PEKAN
|
2
|
AGUSTUS 2012
|
2 PEKAN
|
3
|
SEPTEMBER 2012
|
0 PEKAN
|
4
|
OKTOBER 2012
|
0 PEKAN
|
5
|
NOVEMBER 2012
|
0
PEKAN
|
6
|
DESEMBER 2012
|
2 PEKAN
|
7
|
JANUARI 2012
|
0
PEKAN
|
J
U M L A H
|
6 PEKAN
|
C.
BANYAKNYA
PEKAN EFEKTIF TATAP MUKA
24 PEKAN – 6 PEKAN = 18 PEKAN
D.
BANYAKNYA
JAM EFEKTIF TATAP MUKA
54 JTM
X 40 MENIT
= 2160 JTM
Keterangan = 1
JTM =
40 Menit
Mengetahui : Tikung, 16 Juli 2012
Kepala SMK Islam, Guru
Pengampu,
Drs. Ahmad Ansori
Drs. H. Erawan
Aidid, M.Pd
NIP. -- NIP.
19620602 198504 1 008
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X ( Sepuluh ) / Ganjil
Sekolah : SMK Islam Tikung
Tahun Pelajaran :
2012 – 2013
Tanggal Pelaksanaan : __________________________
Penilaian Tertulis
(Uraian)
Model penilaian ini
dapat dilaksanakan selama proses pembelajaran, ulangan harian, ulangan tengah
semester, atau ulangan akhir semester (3 x Waktu
40 menit)
Aspek : Mendengarkan
Standar Kompetensi : Memahami siaran atau cerita yang
disampaikan secara langsung /tidak langsung
Kompetensi
Dasar : Menanggapi siaran atau
informasi dari media elektronik
(berita dan nonberita)
Indikator : Menuls isi siaran radio/ televisi dalam
beberapa kalimat dengan
urutan yang runtut
dan mudah dipahami.
Instruksi:
1.
Dengarkan rekaman siaran berita berikut
dengar saksama!
2.
Tulislah isi siaran berita tersebut dalam
beberapa kalimat dengan memperhatikan:
a.
ketepatan isi
b.
struktur kalimat
c.
koherensi
d.
ejaan, dan tanda baca
3.
Bacakan hasil pekerjaan di depan kelas
Format Penilaian
Tulisan
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Ketepatan isi
|
Struktur kalimat
|
Koherensi
|
Ejaan
dan
tanda
baca
|
||||
1.
|
ALFYAN ROBBY
|
3
|
4
|
2
|
3
|
12
|
75
|
2.
|
AFDHELIA
|
4
|
4
|
4
|
4
|
16
|
|
3.
|
Dst.
|
Keterangan:
1.
tidak tepat
2.
kurang tepat
3.
tepat
4.
sangat tepat
Nilai siswa: Skor perolehan
------------------- x 100
Skor maksimum
Nilai Akhmad : 12
---- x 100 = 75
16
Tikung,
______________________ 20
Guru
Pengampu,
Drs. H. Erawan Aidid, M.Pd.
NIP.
19620602 198504 1 008
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI ( Sebelas ) / Ganjil
Sekolah : SMK Islam Tikung
Tahun Pelajaran :
2012 – 2013
Tanggal Pelaksanaan : ____________________________
Penilaian Unjuk Kerja
(Performan)
Penilaian
dilaksanakan selama proses pembelajaran,
ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, atau
ulangan kenaikan kelas ( Waktu 3 x 40 menit )
Aspek
: Berbicara
Standar
Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan
berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
Kompetensi Dasar :
Memperkenalkan diri dan orang lain di
dalam forum resmi resmi
intonasi yang tepat
Indikator : Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya,
sebagai moderator atau
pembawa
acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
Petunjuk
- Bentuklah kelompok yang terdiri atas seorang moderator, seorang penulis, dan dua orang pembicara!
- Berlakulah sebagai moderator secara bergantian dalam kelompok tersebut!
- Tentukan tema pembicaraan dalam diStandar Kompetensiusi!
Soal:
Ungkapkan kalimat
perkenalan dalam forum dengan
memperhatikan:
- kelancaran berbahasa
- ekspresi
- intonasi
- struktur kalimat
- diksi
Format Penilaian Berbicara
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
||||
Kelancaran
|
Ekspresi
|
Intonasi
|
Struktur Kalimat
|
Diksi
|
||||
1.
|
Ardiana
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
16
|
80
|
2.
|
Dst.
|
Keterangan:
- tidak baik
- kurang baik
- baik
- sangat baik
Nilai Ardiana 16
-----
x 100 = 80
20
Tikung,
______________________ 20
Guru
Pengampu,
Drs. H. Erawan Aidid, M.Pd.
NIP.
19620602 198504 1 008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar