Konfigurasi

SELAMAT DATANG DI ERAWAN AIDID BLOGSPOT HP 085645119900

Jumat, 14 September 2012

Cara Mendesain Spanduk



Cara Mendesain Spanduk

Saya mau share bagaimana cara membuat desain spanduk menggunakan Adobe PhotoShop. Sebenarnya tutorial semacam ini sudah pernah saya buat pada kesempatan sebelumnya (bisa dilihat di sini). Namun, saya merasa perlu membuat lagi untuk mengisi kegiatan kontes SEO yang sedang digelar oleh GarudaFood. Meskipun saya memang ikut kontes SEO itu diblog ini, tetapi tujuannya yang utama yaitu untuk memperbanyak tutorial tentang cara desain spanduk di PhotoShop. Mudah-mudahan bermanfaat. 

Oke langsung saja kita mulai.

  1. Buat file baru. Caranya klik menu file-->New
  2. Masukkan angka 500 pada kolom width, 100 pada kolom height.
  3. Isi angka 50 untuk kolom resolution (dalam pixel/inch)
  4. Klik OK
  5. Selanjutnya, Anda akan melihat kotak kosong warna putih di layar monitor Anda, yang siap diisikan gambar/foto dan teks.
  6. Langsung saja klik tombol T di panel Tools.
  7. Lalu klik di tengah bidang spanduk dan ketikkan kalimat "Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood".
  8. Lalu cari font yang cocok dengan selerea Anda. Saya sendiri menggunakan font "CooperBlack" ukuran 665 point.
  9. Tambahkan kalimat "Kontes SEO 2011"
  10. Untuk langkah yang lebih detail silakan coba lihat di postingan saya terdahulu di sini.
Jika Anda sudah selesai mencoba langkah-langkah secara benar maka hasilnya jadi seperti ini.

Cara Membuat Banner dengan Photoshop,
 bagaimana caranya? caranya mudah saja, pertama silakan masuk dulu ke program photoshop, dalam kesempatan ini saya akan coba praktekkan cara membuat banner dengan ukuran 125 x 125 pixel tetapi caranya tidak secara mendetail sekali dan lebih spesifik, disini hanya cara membuat ukurannya saja dan mempersiapkan upload, langkah-langkahnya sebagai berikut :
pertama : ambil mousenya silakan tuju FILE klik NEW (Ctrl+N) tentukan ukuran width 125 pixel dan height 125 pixel, sedangkan untuk ukuran resolution dpi nya pake dulu 300 dpi (biar ngeditnya lebih enak dan jelas).
kedua : tentukan tema banner yang akan dibuat misalnya saya contek tema banner yang ada di sitenya alexa.com seperti gambar di bawah ini :
ketiga : setelah jadi banner tersebut silakan di save ke format GIF atau JPEG dengan menggunakan resolusi dpi 72 saja. (perbedaan antara format GIF dan JPEG adalah format GIF bannernya akan lebih jelas tetapi ukuran Kilo Bytes atau disingkat Kb tidak bisa di compress lagi, sedangkan JPEG bisa dicompress dan bisa ditentukan ukuran Kb, hal ini untuk menentukan ukuran Kb banner lebih kecil biar saat loading lebih cepat lebih baik he..he..
keempat : setelah jadi banner tersebut silakan upload ke photobucket.com atau penyedia gambar lainnya dan ambil kode htmlnya
Selamat mencoba semoga bermanfaat.


Drs. H. Erawan Aidid, M.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar