Konfigurasi

SELAMAT DATANG DI ERAWAN AIDID BLOGSPOT HP 085645119900

Sabtu, 08 September 2012

Cara Mudah Melaksanakan PTK



Cara Mudah Melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah

Tantangan besar bagi pengawas dan kepala sekolah  dalam bertugas adalah mengembangkan kompetensi berkelanjutan melalui penerbitan  karya ilmiah atau karya inovatif. Akar kesulitan pada umumnya karena belum terbiasa menulis dan kurang banyak membaca. Kepala sekolah maupun pengawas jago kalau menerangkan sesuatu secara lisan.
Di samping itu, penulisan karya ilmiah memerlukan pemahanan mengenai sejumlah informasi dengan hakekat penelitian, metode ilmiah, bepikir ilmiah  perlu menguasai secara bersamaan sehingga sebuah karya memerlukan pemahaman dan keterampilan mengerjakan dua kegiatan dalam waktu bersamaan  atau simultan untuk mehasilkan suatu karya.
 
Apakah Penelitian Tindakan Sekolah?
Penelitian tindakan adalah suatu proses pelaksanaan penelitian yang diperankan oleh pelaksana kegiatan (guru,kepala sekolah, atau pengawas),  mereka meneliti tindakannya sendiri dengan sistematis dan menggunakan teknik penelitian secara berhati-hati. Penelitian tindakan merupakan teknik untuk melibatkan orang-orang bekerja untuk meningkatkan keterampilan, teknik, dan strategi dalam melaksanakan pekerjaan. Penelitian tindakan adalah studi tentang bagaimana kita dapat melakukan perubahan. (Eileen Ferrance: 2000. P 6).
Dengan melaksanakan peneltian tindakan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah menurut Eileen dapat;
o    Mengidentifikasi masalah yang dihadapinya sendiri.
o    Bekerja lebih efektif karena merke dapat menilai dan mengevaluasi efektivitasnya bekerja serta mempertimbangkan baik tidaknya caranya mereka bekerja.
o    Berkerja sama dan saling membantu mengarahkan pekerjaan agar mencapai tujuan.
o    Bekerja sama dalam memperbaiki keterampilan sehingga dapat bekerja lebih profesional.
Penelitian Tindakan Sekolah perlu dilakukan secara sistematis. Artinya, peneliti dapat mengidentifikasi komponen input, proses, dan output kegiatan. Dengan pemahaman yang baik mengenai komponen yang berpengaruh terhadap keberhasilan, maka kepala sekola dapat berpikir secara kritis mengenai mutu input dan proses agar dapat menghasilkan mutu output yang memenuhi kriteria yang ditetapkan.
Jenis Penelitian Tindakan
Penelitian tindakan dapat dilakukan oleh seorang kepala sekolah yang difokuskan pada masalah yang dihadapinya. Kepsek  mecari solusi atas permasalahannya, seperti problem manajemen kelas, strategi pembelajaran, manajemen kurikulu, dan bagaimana siswa belajar-guru mengajar.  Hasil observasi interaksi guru dengan siswa dapat dilaporkan dalam rapat dewan pendidik.
Penelitian dapat pula dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian dilakukan secara bersama-sama oleh dua, atau tiga orang, atau kepala sekolah dan beberapa orang guru. Masalah yang diteliti bisa jadi merupakan masalah yang dihadapi oleh beberapa orang, misalnya, tentang bagaimana meningkatkan potensi individu siswa melalui kerja sama kelompok.
Penelitian dapat dilaksanakan secara individu maupun kolaboratif dengan fokus utama bukan mengobservasi kelas, melainkan terhadap sistem pengelolaan sekolah. Misalnya tentang rendahnya partisipasi orang tua siswa, struktur organisasi dan pengambilan keputusan dalam menentukan kebijakan sekolah, atau tentang pelaksanaan pembaruan mutu dalam pemenuhan standar isi, proses, dan penilaian.
Kiat Praktis Meningkatkan Kompetensi
Agar para peserta tidak terjebak pada masalah perumusan proposal, maka pelatihan menerapkan stategi yang tidak dimulai dari proposal, namu dari pelaksanaan kegiatan. Penyusuan rancangan kerangka penelitian perlu diwujudkan dalam bentuk tindakan pragmatis. Teknik perancangan penelitian diintegrasikan dengan pelaksanaan program. Ada pun teknik penelitian dilaksanakan melalui beberapa langkah tekis sebagai berikut.
Langkah Pertama: Perencanaan Program dan Penelitian
1.  Program apa yang akan Anda laksanakan?
Contoh judul program:
o    Pelatihan guru dalam mempraktikan penyusunan rencana pembelajaran inovatif.
o    Peningkatan efektivitas belajar melalui pelaksanaan suprvisi akademik.
o    Pelatihan guru dalam mempraktikan metode STAD dan Time Token.
o    Pelatihan guru dalam melaksanakan PTK berkolaborasi.
o    Pelatihan guru dalam praktik menyusun instrumen evaluasi yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis.
2.  Anda memilih salah satu program seperti pada contoh di atas,  maka masalah apa yang paling mungkin dapat menjadi kendala pelaksanaan program?
  • Apakah selama ini Anda mengetahui cara nyata dalam pengalaman sehari-hari di sekolah cara mengajar seperti apa yang paling berpengaruh  terhadap hasil belajar siswa?
3.   Apakah Anda akan melaksanakan penelitian tindakan sekolah (untuk mengetahui jawaban atas permasalahan itu) dengan cara mengumpulkan data yang relevan?
Data Yang Anda perlukan
Penelitian tindakan pada hakekatnya untuk memecahkan masalah penelitian sehingga penelitian mencapai tujuan. Data yang Anda perlukan pada dasarnya merupakan catatan bukti fisik yang diperoleh dari kegiatan observasi tindakan  sebagai bahan penyusunan laporan dengan susunan sebagai berikut:

Untuk mengisi laporan, peneliti perlu merancang perencaan tindakan dan merancang pula tentang kebutuhan informasi atau data yang akan dihimpun melalui penelitian tindakan.
Di bawah ini format isian  data perencaan program dan perencanaan tindakan sebagai bahan latihan dan praktik obsevasi.
Format Rekam Jejak Rencana Kegiatan dan Rencana Tindakan (36)
Format sebagaimana yang sudah Anda lihat selanjutnya dapat Anda gunakan sebagai alat untuk mengimpun data penelitian tindakan sekolah. Data yang terhimpun selanjutnya Anda gunakan untuk menyusun laporan tindakan.
Selamat mencoba, jika ada masalah kita bicarakan lebih lanjut.
Referensi:
Eileen Ferrance, Action Research. 2000. LAB at Brown University The Education Alliance 222 Richmond Street, Suite 300 Providence, RI 02903-4226http://www.lab.brown. edu/pubs/themes_ed/ act_research.pdf

Format Rancangan rekam jejak informasi pelaksanaan kegiatan dan rencana tindakan
A.      Perencanaan
1.     Program apa yang sesungguhnya Anda rencanakan?

.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Catatan: Isi kolon di atas dengan nama kegiatan sesuai  program tahunan atau proposal kegiatan yang telah Anda susun..
Contoh:
Perbaikan Kinerja Kepala Sekolah Melalui Permberdayaan Tim Supervisi Proses dan Penilaian Sebagai  Upaya Memperbaiki Kompetensi Pendidik Secara Berkelanjutan.

2.     Latar belakang apa yang melandasi pemikiran pemilihan program pada nomor satu sehingga Anda memandang program itu penting?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Catatan: Ketahuilah bahwa uraian di atas merupakan bahan untuk penyusunan latar belakang dalam bab pendahuluan pada laporan yang akan akan Anda susun.
Contoh:
·         Pelaksanaan supervisi dalam dua tahun terakhir mengandalkan kepala sekolah sendiri.
·         Kesibukan kepala sekolah untuk mengikuti berbagai pertemuan di luas sekolah makin meningkat.
·         Supervisi sebagai cara mengotrol bahwa kinerja guru dalam kelas sangat penting, namun sering ditinggal kepala sekolah.
·         Instrumen supervisi kepada sekolah tidak selalu disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan.
·         Oleh karena itu, perlu dibentuk tim penjaminan mutu pada tingkat sekolah untuk mendapatkan tugas yang didelegasikan kepala sekolah agar program supervisi dilaksanakan tepat program.
·         Hasil suprvisi tim direpleksi oleh kepala sekola dengan tim sehingga peran kepala sekola tetap terjaga sesuai dengan harapan pelaksanaan penjaminan mutu.

3.    Deskiripsikan kondisi nyata sekolah berdasarkan hasil evaluasi kegiatan serupa yang pernah Anda laksanakan sebelumnya.

.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Catatan: Data yang Anda tulis dalam kolom di atas sebagai sebagai dasar penentuan masalah pada sub bab rumusan masalah.
4.     Deskripsikan kondisi sekolah yang Anda harapkan!
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Catatan: Data yang Anda tulis dalam kolom di atas sebagai sebagai dasar penentuan masalah pada sub bab rumusan masalah.

5.     Deskripsikan kesenjangan antara kondisi nyata dengan kondisi yang Anda harapkan dalam bentuk pernyataan masalah!
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
 Catatan: Data yang Anda tulis dalam kolom di atas sebagai sebagai dasar penentuan masalah pada sub bab rumusan masalah
Contoh masalah:
Bagaimana perbaikan kinerja kepala sekolah melalui pemberdayaan Tim Supervisi Pembelajaran dalam  upaya memperbaiki kompetensi pendidikan  pedagogis dan profeseional secara berkelanjutan di SD/SMP/SMA/SMK..........pada semester....tahun pelajaran......
Lihat contoh masalah di atas. Jika kata bagaimana dibuang, maka masalah telah berubah menjadi judul.

6.     Apakah program perbaikan mutu yang Anda pilih merupakan cara terbaik menyeles-aikan masalah yang telah Anda rumuskan?

.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Pengisian kolom di atas menggambarkan bahwa kepala sekolah atau pengawas memiliki sejumlah alternatif pemecahan masalah. Peningkatan kopetensi pendidik, misalnya, dapat dilaksanakan dengan seminar, pelatihan, diskusi, pemagangan, supervisi oleh kepala sekolah, atau supervisi oleh tim guru. Mengapa itu menjadi alternatif paling baik, mungkin karena paling murah namun paling efektif karena meningkatkan peluang belajar banyak guru.
7.     Tuliskan tujuan pelaksanaan program yang Anda pilih!

 .......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
Pengisian kolom di atas mendeskripsikan target pelaksanaan program yang di dalamnya selalu ada tujuan, indikator pencapaian, dan target sebagai ukuran efektivitas program.
Contoh:
Tujuan:
Meningkatnya kompetensi profesional guru dalam melaksanakan pembelajaran dan penilaian.
Indikator Pencapain:
Guru melaksanakan pembelajaran meningkatkan penguasaan materi pelajaran yang ditunjuk-kan dengan terpenuhi KKM.
Guru meningkatkan keterampilan siswa berpikir kritis yang ditunjukkan dengan kecakapan siswa menyusun bertanya dengan jelas, memecahkan masalah, dan menghasilkan ide baru dalam studi kasus.
Target
Seluruh guru bertambah pengetahuan dan keterampilan melatih siswa berpikir kritis

8.     Tuliskan indikator ketercapaian setiap tujuan di atas!

.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................

Kolom di atas hendakny a Anda coba isi dengan sejumlah tujuan, indikator pencapaian, dan target lain yang relevan dengan pelaksanaan kegiatan yang Anda pilih sebagai bahan untuk menjelaskan tentang tujuan pelaksanaan kegiatan. Agar di perhatikan setelah ini Anda juga akan mengisi  : Apa yang akan Anda observasi dan apa tujuan subyek itu diobservasi? Pernyataan ini mengisaratkan bahwa tujuan kegiatan tidak selalu sama dengan tujuan penelitian.

9.     Kapan Anda akan melakukan pengamatan? Di mana hal itu akan Anda lakukan?
Mulai tanggal ...............  sampai tanggal ..........................
Tempat di.................

Data yang Anda isikan berguna sebagai bahan pengisian Bab III pada bagian A yang mendeskripsikan subyek, loksai dan waktu penelitian.

10.  Tindakan apa saja yang akan Anda amati dalam :

        a.     Perencanaan: .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
        b.     Pelaksanaan:
.............................................................................................................. ............................................................................................................................................................................................................................
        c.      Evaluasi: .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
        d.     Refleksi .............................................................................................................. .............................................................................................................. ............................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................


Data yang Anda isikan pada kolom di atas berguna sebagai bahan pengisian Bab III pada bagian B yaitu mendeskripsikan subyek, loksai dan waktu penelitian.
Pada langkah ini Anda sebenarnya sedang merumuskan pikiran mengenai apa yang Anda ingin ketahui atau ingin memperbaikinya:
Contoh:
  • Apakah selama ini Anda mengetahui cara nyata dalam pengalaman sehari-hari di sekolah cara mengajar seperti apa yang paling berpengaruh  terhadap hasil belajar siswa?
  • Apakah selama ini Anda mengetahui cara nyata dalam pengalaman sehari-hari di sekolah cara mengajar yang paling tidak berpengaruh  terhadap hasil belajar siswa?
  • Apakah Anda yakin bahwa penerapan metode STAD dan Time Token dapat meningkatkan siswa belajar aktif?
  • Apakah benar bahwa pelaksanaan PTK secara berkolaborasi berdampak terhadap kerja sama guru dalam memperbaiki keterampilan, teknik,  dan strategi guru mengajar?
  • Apakah Anda mengetahui bahwa terbukti instrumen evaluasi dapat mendorong siswa berpikir kritis?
  • Bagaimana cara memperbaiki tindakan kepala sekolah agar program yang dilaksanakan berdampak baik terhadap peningkatan keterampilan mengarahkan guru dalam memperbaiki kinerjanya?
Berdasarkan pertanyaan itu, maka isilah kolom latihan yang tersedia.
Apa tujuan Anda mengamati tindakan tindakan tersebut ?
     a. Tujuan Pengamatan Perencanaan: .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
        b.     Tujuan Pengamatan Pelaksanaan:
.............................................................................................................. ............................................................................................................................................................................................................................
        c.      Tujuan Pengamatan Evaluasi: .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
        d.     Tujuan Pengamatan Refleksi .............................................................................................................. .............................................................................................................. ............................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................


Kolom di atas berguna untuk merumuskan tujuan penelitian pada Bab I bagian C
11.  Deskripsikan langkah kegiatan kepala sekolah untuk mencapai tujuan pengamatan dalam setiap tahap kegiatan:
      a. Perencanaan: .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
         b.     Pelaksanaan:
.............................................................................................................. ............................................................................................................................................................................................................................
         c.      Evaluasi: .............................................................................................................. .............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
         d.     Refleksi .............................................................................................................. .............................................................................................................. ............................................................................................................................................................................................................................


Pengisian kolom di atas sebagai bahan laporan pada langkah-langkah pengumpulan data. 

12.  Apa manfaat yang hendak Anda dapatkan dari pengamatan terhadap tindakan tersebut?
Manfaat bagi sekolah: .................................................................................................
Manfaat bagi kepala sekolah: .......................................................................................................................
Manfaat bagi guru: .......................................................................................................................
Manfaat bagi peserta didik:
.......................................................................................................................
Data di atas untuk mengisi bagian manfaat penelitian pada bab 1 tentang manfat penelitian.

13.   Deskripsikan data kondisi awal sekolah sebelum pelaksanaan tindakan!

.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................

14.  Sarana pendukung apa yang Anda perlukan untuk melaksanakan program dan mengamati tindakan?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................

B.   Pelaksanaan
    15.   Tuliskan data  yang Anda dapatkan dari proses pengamatan serta dampak tindakan terhadap sasaran tindakan!

       a. Data Perencanaan:
Tindakan Kepala Sekolah
.............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
          b.     Data Pelaksanaan:
Tindakan Kepala Sekolah
.............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
Dampak tindakan terhadap perilaku
.............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
Dampak tindakan terhadap hasil
.............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
          c.      Data Evaluasi:
Tindakan Kepala Sekolah
.............................................................................................................. .............................................................................................................. ..............................................................................................................
Dampak tindakan
.............................................................................................................. ..............................................................................................................

C.    Evaluasi:
     16.  Deskripsikan kondisi akhir setelah program dilaksanakan dan pengatan tindakan dilaksanakan!

.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................

     17.  Apa perbedaan kondisi sebelum pelakanaan tindakan dengan kondisi setelah pelaksanaan tindakan?
Kondisi Awal
Kondisi Akhir
....................................................................................................................
.......................................................................................................................
....................................................................................................................
.......................................................................................................................
....................................................................................................................
.......................................................................................................................
...................................................................................................................
.......................................................................................................................

     18.  Apakah  program yang Anda lakukan mencapai tujuan?

Ya/Tidak (coret yang tidak perlu!)

     19.  Tuliskan alasan Anda!
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................

     20. Rumuskan simpulan  Anda!
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................

     21.  Tuliskan saran Anda!
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................

     22.  Apakah Anda mengelola program ini didasari teori tertentu? Tuliskan jika Anda menggunakannya!

.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................

23.  Dari mana Anda mendapatkan teori itu? 
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
 C
     24.  Tuliskan dampak pelaksanaan program tersebut terhadap peningkatan mutu pada proses, prilaku, dan hasil kegiatan peningkatan mutu pendidikan di sekolah!

.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................

     25.  Apakah perlu tindakan perbaikan lanjutan pada siklus berikutnya?

.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................

                                                                                                Penyunting,

                                                                                                Drs. H. Erawan Aidid, M.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar