Cara Mudah Melaksanakan Penelitian Tindakan
Sekolah
Tantangan besar bagi pengawas dan kepala sekolah
dalam bertugas adalah mengembangkan kompetensi berkelanjutan melalui
penerbitan karya ilmiah atau karya inovatif. Akar kesulitan pada umumnya
karena belum terbiasa menulis dan kurang banyak membaca. Kepala sekolah maupun
pengawas jago kalau menerangkan sesuatu secara lisan.
Di samping
itu, penulisan karya ilmiah memerlukan pemahanan mengenai sejumlah informasi
dengan hakekat penelitian, metode ilmiah, bepikir ilmiah perlu menguasai
secara bersamaan sehingga sebuah karya memerlukan pemahaman dan keterampilan
mengerjakan dua kegiatan dalam waktu bersamaan atau simultan untuk
mehasilkan suatu karya.
Apakah
Penelitian Tindakan Sekolah?
Penelitian
tindakan adalah suatu proses pelaksanaan penelitian yang diperankan oleh
pelaksana kegiatan (guru,kepala sekolah, atau pengawas), mereka meneliti
tindakannya sendiri dengan sistematis dan menggunakan teknik penelitian secara
berhati-hati. Penelitian tindakan merupakan teknik untuk melibatkan orang-orang
bekerja untuk meningkatkan keterampilan, teknik, dan strategi dalam
melaksanakan pekerjaan. Penelitian tindakan adalah studi tentang bagaimana kita
dapat melakukan perubahan. (Eileen Ferrance: 2000. P 6).
Dengan
melaksanakan peneltian tindakan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah
menurut Eileen dapat;
o
Mengidentifikasi
masalah yang dihadapinya sendiri.
o
Bekerja
lebih efektif karena merke dapat menilai dan mengevaluasi efektivitasnya
bekerja serta mempertimbangkan baik tidaknya caranya mereka bekerja.
o
Berkerja
sama dan saling membantu mengarahkan pekerjaan agar mencapai tujuan.
o
Bekerja sama
dalam memperbaiki keterampilan sehingga dapat bekerja lebih profesional.
Penelitian
Tindakan Sekolah perlu dilakukan secara sistematis. Artinya, peneliti dapat
mengidentifikasi komponen input, proses, dan output kegiatan. Dengan pemahaman
yang baik mengenai komponen yang berpengaruh terhadap keberhasilan, maka kepala
sekola dapat berpikir secara kritis mengenai mutu input dan proses agar dapat
menghasilkan mutu output yang memenuhi kriteria yang ditetapkan.
Jenis
Penelitian Tindakan
Penelitian
tindakan dapat dilakukan oleh seorang kepala sekolah yang difokuskan pada
masalah yang dihadapinya. Kepsek mecari solusi atas permasalahannya,
seperti problem manajemen kelas, strategi pembelajaran, manajemen kurikulu, dan
bagaimana siswa belajar-guru mengajar. Hasil observasi interaksi guru
dengan siswa dapat dilaporkan dalam rapat dewan pendidik.
Penelitian
dapat pula dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian dilakukan secara
bersama-sama oleh dua, atau tiga orang, atau kepala sekolah dan beberapa orang
guru. Masalah yang diteliti bisa jadi merupakan masalah yang dihadapi oleh
beberapa orang, misalnya, tentang bagaimana meningkatkan potensi individu siswa
melalui kerja sama kelompok.
Penelitian
dapat dilaksanakan secara individu maupun kolaboratif dengan fokus utama bukan
mengobservasi kelas, melainkan terhadap sistem pengelolaan sekolah. Misalnya
tentang rendahnya partisipasi orang tua siswa, struktur organisasi dan
pengambilan keputusan dalam menentukan kebijakan sekolah, atau tentang
pelaksanaan pembaruan mutu dalam pemenuhan standar isi, proses, dan penilaian.
Kiat Praktis Meningkatkan Kompetensi
Agar para peserta tidak terjebak pada masalah
perumusan proposal, maka pelatihan menerapkan stategi yang tidak dimulai dari
proposal, namu dari pelaksanaan kegiatan. Penyusuan rancangan kerangka
penelitian perlu diwujudkan dalam bentuk tindakan pragmatis. Teknik perancangan
penelitian diintegrasikan dengan pelaksanaan program. Ada pun teknik penelitian
dilaksanakan melalui beberapa langkah tekis sebagai berikut.
Langkah
Pertama: Perencanaan Program dan Penelitian
1.
Program apa yang akan Anda laksanakan?
Contoh judul
program:
o
Pelatihan
guru dalam mempraktikan penyusunan rencana pembelajaran inovatif.
o
Peningkatan
efektivitas belajar melalui pelaksanaan suprvisi akademik.
o
Pelatihan
guru dalam mempraktikan metode STAD dan Time Token.
o
Pelatihan
guru dalam melaksanakan PTK berkolaborasi.
o
Pelatihan
guru dalam praktik menyusun instrumen evaluasi yang mengembangkan keterampilan
berpikir kritis.
2.
Anda memilih salah satu program seperti pada contoh di atas, maka masalah
apa yang paling mungkin dapat menjadi kendala pelaksanaan program?
- Apakah selama ini Anda mengetahui cara nyata dalam pengalaman sehari-hari di sekolah cara mengajar seperti apa yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar siswa?
3. Apakah Anda akan
melaksanakan penelitian tindakan sekolah (untuk mengetahui jawaban atas
permasalahan itu) dengan cara mengumpulkan data yang relevan?
Data Yang
Anda perlukan
Penelitian
tindakan pada hakekatnya untuk memecahkan masalah penelitian sehingga
penelitian mencapai tujuan. Data yang Anda perlukan pada dasarnya merupakan
catatan bukti fisik yang diperoleh dari kegiatan observasi tindakan
sebagai bahan penyusunan laporan dengan susunan sebagai berikut:
Untuk mengisi
laporan, peneliti perlu merancang perencaan tindakan dan merancang pula tentang
kebutuhan informasi atau data yang akan dihimpun melalui penelitian tindakan.
Di bawah ini
format isian data perencaan program dan perencanaan tindakan sebagai
bahan latihan dan praktik obsevasi.
Format Rekam Jejak Rencana Kegiatan dan Rencana
Tindakan (36)
Format
sebagaimana yang sudah Anda lihat selanjutnya dapat Anda gunakan sebagai alat
untuk mengimpun data penelitian tindakan sekolah. Data yang terhimpun
selanjutnya Anda gunakan untuk menyusun laporan tindakan.
Selamat mencoba, jika ada masalah
kita bicarakan lebih lanjut.
Referensi:
Eileen
Ferrance, Action Research. 2000. LAB at Brown University The Education
Alliance 222 Richmond Street, Suite 300 Providence, RI 02903-4226http://www.lab.brown.
edu/pubs/themes_ed/ act_research.pdf
Format Rancangan rekam jejak
informasi pelaksanaan kegiatan dan rencana tindakan
A.
Perencanaan
1.
Program apa yang sesungguhnya Anda
rencanakan?
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
Catatan:
Isi kolon di atas dengan nama kegiatan sesuai program tahunan atau proposal kegiatan yang
telah Anda susun..
Contoh:
Perbaikan
Kinerja Kepala Sekolah Melalui Permberdayaan Tim Supervisi Proses dan Penilaian
Sebagai Upaya Memperbaiki Kompetensi
Pendidik Secara Berkelanjutan.
2.
Latar belakang apa yang melandasi pemikiran
pemilihan program pada nomor satu sehingga Anda memandang program itu penting?
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
Catatan: Ketahuilah bahwa uraian di atas merupakan bahan
untuk penyusunan latar belakang dalam bab pendahuluan pada laporan yang akan akan
Anda susun.
Contoh:
·
Pelaksanaan supervisi
dalam dua tahun terakhir mengandalkan kepala sekolah sendiri.
·
Kesibukan kepala
sekolah untuk mengikuti berbagai pertemuan di luas sekolah makin meningkat.
·
Supervisi sebagai
cara mengotrol bahwa kinerja guru dalam kelas sangat penting, namun sering
ditinggal kepala sekolah.
·
Instrumen supervisi
kepada sekolah tidak selalu disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan.
·
Oleh karena itu,
perlu dibentuk tim penjaminan mutu pada tingkat sekolah untuk mendapatkan tugas
yang didelegasikan kepala sekolah agar program supervisi dilaksanakan tepat
program.
·
Hasil suprvisi tim
direpleksi oleh kepala sekola dengan tim sehingga peran kepala sekola tetap
terjaga sesuai dengan harapan pelaksanaan penjaminan mutu.
3.
Deskiripsikan kondisi nyata sekolah
berdasarkan hasil evaluasi kegiatan serupa yang pernah Anda laksanakan
sebelumnya.
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
Catatan: Data yang
Anda tulis dalam kolom di atas sebagai sebagai dasar penentuan masalah pada sub
bab rumusan masalah.
4.
Deskripsikan kondisi sekolah yang Anda
harapkan!
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
Catatan: Data yang
Anda tulis dalam kolom di atas sebagai sebagai dasar penentuan masalah pada sub
bab rumusan masalah.
5.
Deskripsikan kesenjangan antara kondisi nyata
dengan kondisi yang Anda harapkan dalam bentuk pernyataan masalah!
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
Catatan: Data yang Anda
tulis dalam kolom di atas sebagai sebagai dasar penentuan masalah pada sub bab
rumusan masalah
Contoh masalah:
Bagaimana perbaikan
kinerja kepala sekolah melalui pemberdayaan Tim Supervisi Pembelajaran
dalam upaya memperbaiki kompetensi
pendidikan pedagogis dan profeseional
secara berkelanjutan di SD/SMP/SMA/SMK..........pada semester....tahun
pelajaran......
Lihat contoh masalah
di atas. Jika kata bagaimana dibuang, maka masalah telah berubah menjadi judul.
6.
Apakah program perbaikan mutu yang Anda pilih
merupakan cara terbaik menyeles-aikan masalah yang telah Anda rumuskan?
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
Pengisian kolom di atas menggambarkan
bahwa kepala sekolah atau pengawas memiliki sejumlah alternatif pemecahan
masalah. Peningkatan kopetensi pendidik, misalnya, dapat dilaksanakan dengan
seminar, pelatihan, diskusi, pemagangan, supervisi oleh kepala sekolah, atau supervisi
oleh tim guru. Mengapa itu menjadi alternatif paling baik, mungkin karena
paling murah namun paling efektif karena meningkatkan peluang belajar banyak
guru.
7.
Tuliskan tujuan pelaksanaan program yang Anda
pilih!
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
Pengisian
kolom di atas mendeskripsikan target pelaksanaan program yang di dalamnya
selalu ada tujuan, indikator pencapaian, dan target sebagai ukuran efektivitas
program.
Contoh:
Tujuan:
Meningkatnya kompetensi profesional guru
dalam melaksanakan pembelajaran dan penilaian.
Indikator
Pencapain:
Guru melaksanakan pembelajaran
meningkatkan penguasaan materi pelajaran yang ditunjuk-kan dengan terpenuhi
KKM.
Guru meningkatkan keterampilan siswa
berpikir kritis yang ditunjukkan dengan kecakapan siswa menyusun bertanya dengan
jelas, memecahkan masalah, dan menghasilkan ide baru dalam studi kasus.
Target
Seluruh
guru bertambah pengetahuan dan keterampilan melatih siswa berpikir kritis
8.
Tuliskan indikator ketercapaian setiap tujuan
di atas!
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
Kolom di atas hendakny a Anda coba isi
dengan sejumlah tujuan, indikator pencapaian, dan target lain yang relevan
dengan pelaksanaan kegiatan yang Anda pilih sebagai bahan untuk menjelaskan
tentang tujuan pelaksanaan kegiatan. Agar di perhatikan setelah ini Anda juga akan
mengisi : Apa yang akan Anda observasi
dan apa tujuan subyek itu diobservasi? Pernyataan ini mengisaratkan bahwa
tujuan kegiatan tidak selalu sama dengan tujuan penelitian.
9.
Kapan Anda akan melakukan pengamatan? Di mana
hal itu akan Anda lakukan?
Mulai tanggal ............... sampai tanggal ..........................
|
Tempat di.................
|
Data yang Anda isikan berguna sebagai bahan pengisian
Bab III pada bagian A yang mendeskripsikan subyek, loksai dan waktu penelitian.
10.
Tindakan apa saja yang akan Anda amati dalam
:
a.
Perencanaan:
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
b.
Pelaksanaan:
..............................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................
|
c.
Evaluasi:
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
d.
Refleksi
..............................................................................................................
..............................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................
|
Data yang Anda isikan pada kolom di atas berguna
sebagai bahan pengisian Bab III pada bagian B yaitu mendeskripsikan subyek,
loksai dan waktu penelitian.
Pada langkah ini Anda sebenarnya sedang
merumuskan pikiran mengenai apa yang Anda ingin ketahui atau ingin
memperbaikinya:
Contoh:
- Apakah selama ini Anda mengetahui cara nyata dalam pengalaman sehari-hari di sekolah cara mengajar seperti apa yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar siswa?
- Apakah selama ini Anda mengetahui cara nyata dalam pengalaman sehari-hari di sekolah cara mengajar yang paling tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa?
- Apakah Anda yakin bahwa penerapan metode STAD dan Time Token dapat meningkatkan siswa belajar aktif?
- Apakah benar bahwa pelaksanaan PTK secara berkolaborasi berdampak terhadap kerja sama guru dalam memperbaiki keterampilan, teknik, dan strategi guru mengajar?
- Apakah Anda mengetahui bahwa terbukti instrumen evaluasi dapat mendorong siswa berpikir kritis?
- Bagaimana cara memperbaiki tindakan kepala sekolah agar program yang dilaksanakan berdampak baik terhadap peningkatan keterampilan mengarahkan guru dalam memperbaiki kinerjanya?
Berdasarkan pertanyaan itu, maka isilah kolom
latihan yang tersedia.
Apa tujuan
Anda mengamati tindakan tindakan tersebut ?
a.
Tujuan Pengamatan Perencanaan:
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
b.
Tujuan Pengamatan Pelaksanaan:
..............................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................
|
c.
Tujuan Pengamatan Evaluasi:
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
d.
Tujuan Pengamatan Refleksi
..............................................................................................................
..............................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................
|
Kolom di atas berguna untuk merumuskan tujuan
penelitian pada Bab I bagian C
11.
Deskripsikan langkah kegiatan kepala sekolah
untuk mencapai tujuan pengamatan dalam setiap tahap kegiatan:
a.
Perencanaan:
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
b.
Pelaksanaan:
..............................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................
|
c.
Evaluasi:
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
d.
Refleksi
..............................................................................................................
..............................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................
|
Pengisian kolom di atas sebagai bahan laporan
pada langkah-langkah pengumpulan data.
12.
Apa manfaat yang hendak Anda dapatkan dari
pengamatan terhadap tindakan tersebut?
Manfaat bagi sekolah:
.................................................................................................
|
Manfaat bagi kepala sekolah: .......................................................................................................................
|
Manfaat bagi guru:
.......................................................................................................................
|
Manfaat bagi peserta didik:
.......................................................................................................................
|
Data di atas untuk mengisi bagian manfaat
penelitian pada bab 1 tentang manfat penelitian.
13.
Deskripsikan data kondisi awal sekolah sebelum
pelaksanaan tindakan!
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
14.
Sarana pendukung apa yang Anda perlukan untuk
melaksanakan program dan mengamati tindakan?
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
B.
Pelaksanaan
15.
Tuliskan data
yang Anda dapatkan dari proses pengamatan serta dampak tindakan terhadap
sasaran tindakan!
a.
Data Perencanaan:
|
Tindakan Kepala Sekolah
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
b.
Data Pelaksanaan:
|
Tindakan Kepala Sekolah
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
Dampak tindakan terhadap perilaku
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
Dampak tindakan terhadap hasil
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
c.
Data Evaluasi:
|
Tindakan Kepala Sekolah
..............................................................................................................
..............................................................................................................
..............................................................................................................
Dampak tindakan
..............................................................................................................
..............................................................................................................
|
C.
Evaluasi:
16.
Deskripsikan kondisi akhir setelah program
dilaksanakan dan pengatan tindakan dilaksanakan!
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
17.
Apa perbedaan kondisi sebelum pelakanaan
tindakan dengan kondisi setelah pelaksanaan tindakan?
Kondisi
Awal
|
Kondisi
Akhir
|
....................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
....................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
....................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
...................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
18.
Apakah
program yang Anda lakukan mencapai tujuan?
Ya/Tidak (coret yang tidak perlu!)
|
19.
Tuliskan alasan Anda!
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
20.
Rumuskan simpulan Anda!
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
21.
Tuliskan saran Anda!
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
22.
Apakah Anda mengelola program ini didasari
teori tertentu? Tuliskan jika Anda menggunakannya!
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
23.
Dari mana Anda mendapatkan teori itu?
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
C
24.
Tuliskan dampak pelaksanaan program tersebut
terhadap peningkatan mutu pada proses, prilaku, dan hasil kegiatan peningkatan
mutu pendidikan di sekolah!
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
25.
Apakah perlu tindakan perbaikan lanjutan pada
siklus berikutnya?
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
.......................................................................................................................
|
Penyunting,
Drs. H. Erawan Aidid, M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar